Tujuh Jurnal Universitas Teuku Umar Kembali Raih Akreditasi SINTA
  • UTU News
  • 29. 05. 2020
  • 0
  • 708

MEULABOH - UTU | Ditengah Pandemi Covid-19, insan Akademika Universitas Teuku Umar (UTU) kembali mendapatkan khabar yang menggembirakan. Betapa tidak, untuk kedua kalinya jurnal lingkup UTU mendapatkan pengakuan (akreditasi) dari Science and Technology Index (SINTA).

Kali ini sebanyak tujuh jurnal di lingkungan UTU kembali terakreditasi SINTA. Pada periode sebelumnya, UTU telah memiliki 7 jurnal yang terakreditasi. Jika ditotal kini jumlah jurnal terakreditasi SINTA sudah mencapai 14.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 85/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2020 terdapat tujuh jurnal baru yang masuk.

SINTA merupakan portal yang berisi pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, kinerja jurnal dan kinerja institusi untuk mendorong budaya publikasi ilmiah.

Untuk melaksanakan mandat tersebut, SINTA menerbitkan hasil asesmen terhadap jurnal-jurnal terbitan dalam negeri yang dikategorikan dalam 6 peringkat, yaitu SINTA 1 (yang terbaik) hingga SINTA 6. Hasil pemeringkatan ini diumumkan secara reguler.

Ketujuh jurnal ilmiah tersebut masing-masing dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yaitu Jurnal Community (Pengawas dinamika sosial) penerbit prodi Sosiologi dan Jurnal Ius Civile (Refleksi penegakan hukum dan keadilan) dari Prodi Ilmu Hukum; berikutnya Fakultas Teknik yaitu Jurnal Mekanova, Teknik Mesin dan Jurnal Optimalisasi, Teknik Industri. Sementara tiga lainnya masing-masing Jurnal Bisnis Tani, Fakultas Pertanian; Jurnal Akbis (Media riset akuntansi dan bisnis) Prodi Akuntansi dari Fakultas Ekonomi; dan Jurnal Akuakultura, Prodi Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

"Masing-masing memiliki peringkat Sinta mulai enam, lima dan empat." Demikian disampaikan, Ketua Pengelola Jurnal Universitas Teuku Umar, Nodi Marefanda, M.A.P.

Secara rinci Nodi menjelaskan terdapat satu jurnal terakreditasi Sinta 4 yaitu Jurnal Community, tiga jurnal terakreditasi Sinta 5 yaitu mading-masing Jurnal Bisnis Tani, Jurnal Mekanova dan Jurnal Optimalisasi. Sementara tiga jurnal lainnya terakreditasi Sinta 6 yaitu Jurnal Akbis, Jurnal Ius Civile dan Jurnal Akuakultura.

“Hingga tahun ini, Alhamdulillah kita telah berhasil meningkatkan akreditasi sejumlah 14 Jurnal Ilmiah lingkup UTU. Secara total kita memiliki 23 jurnal yang tersebar di seluruh program studi." Terangnya

Lanjutnya, kami melakukan berbagai pendekatan strategis untuk mendorong akreditasi jurnal ini. Alhamdulillah, hasil ini patut kita syukuri dan kedepan terus kita perjuangkan agar seluruh jurnal lingkup UTU terakreditasi SINTA,” kata Nodi, Kamis (28/5/2020).

Langkah-langkah yang diambil oleh Pengelola Jurnal Ilmiah UTU adalah menerapkan standarisasi syarat administrasi akreditasi dan juga mendorong indeksasi. Kedua indikator ini sama pentingnya

"Setiap jurnal diwajibkan memenuhi syarat administrasi agar dapat diusulkan untuk akreditasi. Selain itu, mengingat sekarang ini jurnal-jurnal telah berbasis online, maka indeksasi juga sama pentingnya," tuturnya.

Sementara, Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA menyambut baik capaian akreditasi jurnal ini.

Ia berharap, jurnal-jurnal yang terakreditasi SINTA itu ada di setiap fakultas. Hal ini mengingat pentingnya jurnal bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

"Setiap dosen itu wajib meneliti. Hasil penelitian itu harus dipublikasikan, tentu saja melalui jurnal ilmiah. Kualitas suatu jurnal dilihat dari seberapa besar artikel-artikel di jurnal itu disitasi atau dikutip oleh penulis dan peneliti lain. Itulah pentingnya jurnal yang terakreditasi,” kata Prof. Jasman.

Berikut daftar jurnal ilmiah terbitan UTU yang telah terakreditasi SINTA:

_Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik:_
- Jurnal Community, Sosiologi, Peringkat SINTA 4
- Jurnal Public Policy, Ilmu Administrasi Negara, Peringkat SINTA 5
- Jurnal Source, Ilmu Komunikasi, Peringkat SINTA 6 dan
- Jurnal Ius Civile, Ilmu Hukum, Peringkat SINTA 6

_Fakultas Teknik:_
- Jurnal Teknik Sipil, peringkat SINTA 5
- Jurnal Mekanova, Teknik Mesin peringkat SINTA 5, dan
- Jurnal Optimalisasi, Teknik Industri, peringkat SINTA 5.

_Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan:_
- Jurnal Jurnal Perikanan Tropika, peringkat SINTA 5
- Jurnal Akuakultura, prodi Akuakultur Peringkat SINTA 6

_Fakultas Ekonomi:_
- Jurnal Ekombis, peringkat SINTA 5
- Jurnal Bisnis dan Strategi Manajemen, peringkat SINTA 5, dan
- Jurnal Akbis, peringkat SINTA 6.

_Fakultas Kesehatan Masyarakat:_
- Jurnal Kesehatan Masyarakat (J-Kesmas) peringkat SINTA 6

_Fakultas Pertanian:_
- Jurnal Bisnis Tani, peringkat SINTA 5.
(Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :