Tim APT UTU Ikuti Workshop Penyunan Borang APT 3.0
  • UTU News
  • 08. 05. 2020
  • 0
  • 314

MEULABOH - UTU | Dalam rangka Peninggkatan Mutu Pendidikan Tinggi melalui Akreditasi Perguruan Tinggi, Universitas Teuku Umar (UTU) mengikuti Workshop Penyusunan AIPT Versi 3.0 dengan 9 Kriteria.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh yang berlangsung pada tanggal 8 – 9 Mei 2020. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah seluruh pimpinan PTS dan PTN di Aceh masing-masing Rektor/Ketua, Wakil Rektor I dan Ketua Penjaminan Mutu Universitas. Sementara itu, seluruh anggota tim penyusun APT UTU mengikuti workshop melalui layar dari akun ketua BJM UTU.

Pelaksanaan workhsop dilakukan secara daring / webinar menggunakan aplikasi Cisco Webex Meetings (webex.com). Hal ini mengikuti protokol penyelenggaraan kegiatan dilingkup Kemendikbud di masa pandemi Covid-19. Masing-masing perguruan tinggi diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi terkait persiapan dan kendala akreditasi yang dihadapi.

Acara dimulai dengan pembukaan dan pengarahan Kepala LLDIKTI XIII Aceh, Prof. Dr. Faisal, SH., M.Hum tentang penguatan mutu Perguruan Tinggi melalui Akreditasi Perguruan Tinggi (APT).

"Tujuan diselenggarakan workshop ini adalah peserta memiliki pemahaman kebijakan tentang Akreditasi Institusi, memiliki keterampilan dalam menyelesaikan borang akreditasi dengan benar, dan menargetkan waktu penyusunan borang akreditasi serta memberi hasil sesuai yang harapkan." Kata Prof. Faisal

Bertindak sebagai narasumber adalah Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc., Ph.D, Direktur Dewan Eksekutif BAN PT. Prof. Basaruddin menjelaskan tentang Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 dan Nomor 2 Tahun 2020, serta Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

“Ada tiga faktor yang menyebabkan Instrumen akreditasi harus di update yaitu karena adanya instrumen yang sudah up to date, shifting paradigm dan kelemahan penilaian. Selain itu, update instrumen akreditasi juga berfungsi untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing,” Ungkap Prof. Basaruddin.

Selama dua hari, para peserta akan mendapatkan pembekalan dalam pengisian form APT. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan setiap program studi dan juga Perguruan Tinggi dapat menyesuaikan diri dengan standar APT 3.0.

Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA menekankan pentingnya kegiatan ini diikuti agar penyusunan borang APT UTU yang sedang dikerjakan dapat maksimal sesuai dengan instrumen APT 3.0. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :