Studi banding UPT Lab Terpadu UTU ke Lab Terpadu UNSYIAH dan Baristan, Banda Aceh
  • UPT Laboratorium Terpadu
  • 13. 08. 2019
  • 0
  • 142

Meulaboh - Dalam rangka peningkatan pelayanan pendidikan dan pengembangan pengujian laboratorium, pada tanggal 4-6 Juli 2019, UPT Laboratorium Terpadu Universitas Teuku Umar melakukan studi banding ke UPT Laboratorium Terpadu Universitas Syiah Kuala dan BARISTAN, Banda Aceh. Kunjungan ini dimaksudkan untuk dapat melihat dan sharing pengetahuan tentang pengelolaan laboratorium pengujian dan pendidikan. Pada kegiatan tersebut rombongan dari UPT Lab Terpadu UTU berjumlah 2 orang yang terdiri dari Kepala UPT Lab Terpadu UTU, Ir. T. Amarullah, M.Pi didampingi staf keuangan Lab. Terpadu, Sri Wahyuni, S.Pd.

Pada hari pertama, Kamis, 04 Juli 2019, dalam kunjungan ke Labter UNSYIAH, rombongan Labster UTU disambut oleh Koordinator Divisi Umum UPT Laboratorium Terpadu Unsyiah, Dr. Muhammad Syukri, S.Si., MT didampingi oleh kepala Lab. Agrotek, FP Unsyiah, Dr. Syahrul.

Dalam sambutannya, Kordiv. Umum UPT Laboratorium Terpadu menyampaikan visi misi Labster UNSYIAH yaitu “UPT Laboratorium Terpadu menjadi unit teknis yang unggul dalam pengkajian dan penerapan hasil riset, terpercaya dalam pelayanan, pengujian dan kalibrasi, serta professional dalam survey dan analisis sehingga bisa menjadi rujukan pemerintah dan masyarakat”.

“Lab. Terpadu Unsyiah dalam waktu dekat ini akan mengadakan workshop laboran, kita juga akan mengundang laboran dari Lab. Terpadu UTU untuk ikut berpartisipasi”. Ucap Muhammad Syukri. Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi terkait manajemen laboratorium dan layanan pengujian. Acara selanjutnya adalah kunjungan kemasing masing laboratorium di UPT Laboratorium Terpadu UNSYIAH.

Kunjungan ke BARISTAN

Pada kunjungan hari kedua, Jumat tanggal 05 Juli 2019, UPT Lab Terpadu UTU melakukan kunjungan ke Balai Riset dan Standarisasi Industri (BARISTAN) Banda Aceh. Rombongan disambut oleh Sekretaris Baristan, Aspiani didampingi oleh Kepala Laboran, Fauzi. Sekretaris Baristan mewakili Ketua menyambut kedatangan rombongan UPT Lab Terpadu UTU, beliau merasa senang atas kunjungan ini dan sebisa mungkin membantu memberikan informasi yang dibutuhkan guna pengembangan UPT Lab Terpadu UTU khususnya di layanan pendidikan (praktikum).

Selain itu, Aspiani menyampaikan rasa terimakasih atas kedatangan tim Lab. Terpadu Universitas Teuku Umar, dan mereka siap bekerjasama kedepan dalam pemanfaatan lab. Baristan dan pelatihan laboran UTU dalam penggunaan alat-alat lab.  

Ka UPT Labter UTU kemudian melanjutkan sambutan dengan  menyampaikan bahwa tujuan studi banding ke BARISTAN adalah untuk menjejaki kerjasama dan melihat proses layanan pemeriksanaan laboratorium terhadap specimen penelitian dari pihak ketiga yang memerlukan hasil laboratorium. Juga ingin mempelajari Manajemen Layanan Umum khususnya uji lab. Selain itu, Ka UPT Labter UTU juga mengunjungi laboratorium yang ada di BARISTAN.

Dari kunjungan ke Lab. Terpadu Unsyiah dan BARISTAN, Banda Aceh diharapkan kedepan penataan dan pelayanan di Lab Terpadu UTU akan semakin baik. Harap T. Amarullah. (***)

 

Komentar :

Lainnya :