Smile Train Aceh Bersama Sivitas Akademika UTU Gelar Baksos Operasi Bibir Sumbing
  • UTU News
  • 18. 08. 2019
  • 0
  • 636

MEULABOH  - Dalam rangka Dies Natalis Ke-10, Universitas Teuku Umar (UTU) bekerjasama  dengan Yayasan Smile Train Indonesia melakukan Bakti Sosial (Baksos) operasi bibir sumbing dan celah langit-langit, di Rumah Sakit Malahayati-Banda Aceh, 17 s/d 19 Agustus 2019.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Rektor II UTU, Dr. Ishak Hasan, M.Si, menyaksikan secara langsung kondisi anak-anak yang mendapatkan operasi bibir sumbing dan bertemu dengan keluarga pasien di Rumah Sakit Malahayati-Banda Aceh.

"Kita bersyukur kepada Allah SWT, diberi kesempatan untuk membantu masyarakat melaksanakan operasi bibir sumbing. Kami berharap, ke depan kita  bisa lebih banyak lagi membantu anak-anak  yang lahir yang membutuhkan bantuan", ujar  Dr. Ishak Hasan, Dosen Unsyiah yang diberi tugas tambahan sebagai Wakil Rektor UTU Bidang Umum dan Keuangan.

Dijelaskan, kelainan celah bibir dan langit-langit atau yang awam disebut sumbing masih memiliki prevalensi tinggi di Indonesia. Pada beberapa daerah, kasus ini masih belum maksimal ditangani. Hal ini terkait biaya dan tenaga yang dapat mengatasi.

Dari 6 (enam) pasien yang berhasil didata, mulai dari Usia 4 bulan hingga 1,7 tahun yang lolos tahapan  Screening sebanyak 5 pasien. Screening bertujuan, untuk memastikan kondisi pasien layak tidaknya pasien di lakukan tindakan operasi, seperti berat badan”, ujar Koordinator Smile Train Wilayah Aceh, Rahmat Maulizar yang juga Alumni FISIP UTU.  Sedangkan Operasi Bibir Sumbing dan Langit-Langit sendiri bertujuan untuk memperbaiki bentuk bibir pasien agar kedepanya dapat menimbulkan kepercayaan diri dalam bergaul dengan lingkungan masyarakat.

Anak-anak yang akan menjalani bibir sumbing itu berasal dari Barat Selatan Aceh (Aceh Barat 2 orang, Aceh Jaya 1 orang dan Aceh Selatan 2 orang). "Kegiatan ini bentuk pengabdian terhadap masyarakat." Kata Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE., MBA.

Di tempat terpisah, salah seorang keluarga Azhar Bahari pasien dari Desa Gunong Melinteng, Panga Kabupaten Aceh Jaya mengucapkan terima kasih telah mendapatkan layanan operasi bibir sumbing gratis dari pihak panitia. “Kami sebagai keluarga sangat terbantu sekali, tanpa biaya lagi kan, jadi bersykur sekali lah”. (Penulis: Aduwina)

                                                                                                                                                                                                   EDITOR: Pimred UTU News

Lainnya :