Rumoh Kreatif FPIK UTU Kupas Tuntas Tips dan Trik  Presentasi Karya Ilmiah
  • UTU News
  • 11. 05. 2020
  • 0
  • 330

MEULABOH - UTU | Pandemi Covid-19 mempengaruhi dan mengubah banyak hal dalam kehidupan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan diluar rumah atau dikampus kini semua terpusat di rumah. Tentu ini menjadi kebiasaan baru karena rutinitasnya dalam tempoh yang lama.

Meski kondisi demikan, tidak membuat mahasiswa FPIK UTU untuk tetap kreatif, melalui Rumoh Kreatif, mahasiswa FPIK-UTU mengadakan Seminar Online dengan tema "Kupas Tuntas Tips dan Trik Presentasi Karya Ilmiah" Minggu 10 Mei 2020. Seminar ini diselenggarakan secara online dengan menghadirkan pemateri handal dibidangnya, salah satunya Dian Afrilia (Mahasiswa Berprestasi Universitas Tanjung Pura Pontianak).

Dian Afrilla dalam pemaparannya menyampaikan berbagai cara dalam presentasi Karya tulis Ilmiah secara baik dan benar serta memacu mahasiswa untuk menulis karya ilmiah. Seminar yang diikuti puluhan peserta ini disampaikan melalui WA Group.

“Tips And Trik Kill The Stage Gimana sih caranya agar bisa tampil maksimal saat presentasi? Ada beberapa hal yang perlu dikuasai yaitu: kuasai eye-contact, kuasai panggung, tegak & relax, senyum, gerakan tangan dan dorong audiens untuk berpartisipasi. Itu diantara hal yang dikupas Dian Afrilla.

Selain itu juga perlu dihindari beberapa hal penting saat presentasi, yaitu jangan bertele tele dalam menjelaskan, jangan gunakan bahasa 'SLANG', jangan membelakangi audiens, jangan gunakan pelafalan kata yang tidak jelas, hindari gestur tubuh kaum lemah dan hindari ekspresi yang tidak bersahabat.

Selain itu, mahasiswa sebagai agent of change juga harus terus melakukan pergerakan sosial (social movement) dalam hal ini setiap mahasiswa mampu membuat karya tulis ilmiah tergantung kemauan dan keinginan dalam menuslis suatu karya ilmiah.

Faunder Rumoh Kreatif FPIK-UTU, Setiadi M Noor mengatakan kegiatan ini sangat baik untuk diikuti oleh mahasiswa di tengah Pandemi Covid-19, mahasiswa harus tetap produktif dengan cara menulis karya ilmiah.

"Insya Allah kita akan terus melaksanakan seminar secara online setiap minggunya dengan tema yang berbeda, harapannya mahasiswa tetap kreatif walaupun di rumah aja bersama rumoh kreatif FPIK-UTU” Ucap Setiadi M Noor

Pembina Rumoh Kreatif FPIK-UTU Dr. Muhhammad Rizal, S.Pi., M.Si mengatakan bahwa upaya memberikan seminar online Rumoh Kreatif ini sebagai langkah institusi dalam memberikan jiwa semangat dan tetap produktif kepada mahasiswa di tengah pandemi covid-19. Sehingga mahasiswa UTU tetap terjaga kualitasnya meski di Rumah Aja.

“Salah satunya dengan seminar online. Walau tidak bisa bertatap muka, namun bisa tetap menambah ilmu pengetahuan,” ujar Dr. Muhhammad Rizal yang juga selaku Wakil Dekan I FPIK UTU.

Sementara Sari Kartika selaku moderator, dan juga Sekretaris Official Rumoh Kreatif FPIK-UTU menyampaikan turut berbangga hati karena bisa terlibat sebagai moderator, bisa memberikan yang terbaik untuk FPIK untuk kemajuan mahasiswa UTU kedepannya dalam hal presentasi Karya tulis Ilmiah.

"Pandemi Covid-19 telah menuntut kita untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengisi perkuliahan secara daring. Semoga kedepan bisa menyelenggarakan seminar atau kuliah umum lainnya secara online." Tutup Aris Yusdi selaku Ketua Panitia Seminar. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :