Mayjen TNI Asrobudi, “Dosen UTU Perlu Sharing Ilmu Dengan Lemhanas”
  • UTU News
  • 25. 04. 2020
  • 0
  • 1495

MEULABOH - UTU | Mayjen TNI Asrobudi mengharapkan, Pimpinan bersama sivitas akademika Universitas Teuku Umar (UTU) perlu menjalin komunikasi dengan Gubernur Lemhanas terkait kerjasama antar lembaga, khususnya yang berkaitan dengan sharing ilmu bagi dosen dalam hal pengajaran, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

”Dengan kerjasama yang dibangun, baik UTU maupun Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) dapat mempercepat pengembangan ilmu pengetahuan yang berguna bagi bangsa”, ujar Asrobudi, ketika bincang-bincang dengan Tim UTU News, usai menyampaikan kuliah umum di depan mahasiswa dan dosen UTU, beberapa minggu lalu, di Aula Utama Gedung Baru Terintegrasi.

Asrobudi, S.I.P., M.Si adalah seorang tenaga pengajar pada Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), bidang ilmu geografi. Asrobudi berkesempatan mengunjungi kampus hijau Universitas Teuku Umar (UTU) dalam rangka memberikan kuliah umum tentang wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional. Dalam kesempatan yang sama, Asrobudi juga melakukan penanaman pohon di lingkungan UTU bersama dengan Wakil Rektor III-UTU, Dr. Mursyidin, Danrem 012 Teuku Umar, dan Dandim 0105 Aceh Barat.

Dalam kesempatan wawancara, Asrobudi juga menjelaskan bahwa implementasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari 4 (empat) konsensus dasar bangsa harus terealisasi di kampus Universitas Teuku Umar ini. Contohnya, menanam pohon merupakan pengamalan dari sila pertama pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Kerusakan di muka bumi ini disebabkan oleh perbuatan dan tingkah laku manusia. “Dengan menanam pohon berarti kita ikut menjaga alam sebagai anugerah dari Allah SWT”, ujar Asrobudi.

Selain itu, kata Asrobudi, implementasi dari nilai kebangsaan juga harus dipahami sebagai prinsip hidup. Sederhananya, “hidup kita ini harus bisa bermanfaat bagi orang lain. Hubungannya dengan keilmuan kita, karena di sini ada Fakultas Pertanian, maka perlu dikaji bagaimana caranya agar pohon-pohon ini dapat tumbuh mendahului temannya. Jika pertumbuhan normal pohon misalnya 10 cm pertahun. Bagaimana dosen dan adik-adik mahasiswa dapat meningkatkan pertumbuhan tersebut. (***)

Komentar :

Lainnya :