Masa Pandemi Covid-19, UTU Akan Adakan KKN Mandiri
  • UTU News
  • 08. 05. 2020
  • 0
  • 16143

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata tahun 2020 secara mandiri selama kewaspadaan pendemi covid-19.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Rektor Nomor: 10/UN59/SE/2020 tentang Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) dan praktek belajar lapangan dimasa darurat pandemi Covid-19. SE tersebut berisikan petunjuk teknis gelar KKN, dimana satu diantaranya akan dilaksanakan secara mandiri.

Rektor UTU, Prof Dr Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA mengatakan, mahasiswa tetap bisa melaksanakan KKN sesuai protokol kesehatan serta membantu menyelesaikan berbagai permasalahan pandemi Covid-19 ini diwilayahnya masing-masing.

"Mahasiswa harus tampil sebagai anak muda yang memiliki karya nyata bagi masyarakat, sekaligus sebagai relawan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” pesan Prof. Jasman

Prof Jasman mengatakan, pandemi Covid-19 belum diketahui sampai kapan akan berakhir. Untuk itu, supaya tidak menghambat studi mahasiswa, UTU memutuskan untuk tetap melaksanakan KKN pada periode ini dengan mengangkat tema "Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19".

Ketua Badan Pelaksana KKN-PPM UTU, Teungku Nih Farisni, SKM., M. Kes menjelaskan pelaksanaan KKN tetap diadakan sesuai jadwal di bawah koordinasi LPPM. Menurutnya meskipun di tengah pandemic COVID-19 pendaftaran KKN akan tetap dibuka dan KKN akan tetap diadakan setelah SE Rektor tentang jukni KKN-PPM keluar sebagai dasar pelaksanaannya.

“Yang berbeda hanya modelnya dan proseduralnya yang menyesuaikan dengan kondisi sekarang ini,” ungkapnya pada Jum'at (08/05/2020).

Meski tetap akan melaksanakan KKN, tetapi sesuai juknis yang diterbitkan sistem pelaksanaannya akan berbeda dari KKN seperti biasanya. Seluruh proses pelaksanaan mulai dari pendaftaran, pembekalan dan monitoring dilakukan secara online.

Dalam pelaksanaannya, program kerja KKN akan lebih difokuskan untuk sosialisasi kesiapsiagaan pencegahan COVID-19. Para peserta diajak untuk memberikan promosi kesehatan kepada masyarakat ataupun menjadi relawan di tengah pandemi COVID-19.

Selain dilakukan secara mandiri berbeda dari sebelumnya dilakukan secara berkelompok, laporan KKN oleh mahasiswa nantinya akan diadakan secara online. Hal ini merujuk pada Surat Edaran Rektor Nomor 5 /UN.59/KP.11.00/2020 tertanggal 27 Maret 2020 tentang kesiapsiagaan upaya pencegahan COVID-19, dimana salah satunya dengan melakukan kuliah secara dalam jaringan (Daring).

Pelaksanaan KKN-PPM Reguler dilaksanakan di daerah domisili masing-masing mahasiswa/i selama 40 (empat puluh) hari dengan cara bergabung dengan tim Satgas Covid-19 yang sudah terbentuk atau dapat membentuk unit baru yang dibuktikan dengan surat Keputusan Camat atau kepala Desa dan mendapat persetujuan dari Badan Pelaksana KKN-PPM Universitas Teuku Umar. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :