Mahasiswa Tetap Kreatif Di Tengah Pandemi Covid-19
  • UTU News
  • 18. 05. 2020
  • 0
  • 414

MEULABOH - UTU | Minggu, 17 Mei 2020 Rumoh Kreatif Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar kembali mengadakan seminar series Nasional yang bertema "Mahasiswa Tetap Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19".

Seminar secara online ini menghadirkan pemateri yang kreatif dari Seberang Kalimantan, dengan berbagai prestasi yang diraihnya yaitu Huzaifah Umar (Founder @hzumar_Creative juga Mahasiswa Berprestasi Universitas Mulawarman Samarinda).

Huzaifah Umar dalam paparannya menyampaikan ada beberapa tips mahasiwa tetap kreatif di tengah pandemi Covid-19 sepeti manajemen diri, manajemen waktu dengan baik, komitmen untuk menuntaskan semua pekerjaan sesuai dengan timeline yang telah ditentukan, mengisi waktu dengan kegiatan yang positif dan meniingkatkan kualitas ibadah kepada sang pencipta. “Allah tidak akan merubah nasib kita, sebelum kita sendiri yang merubahnya”.

Pandemi Covid-19 mempengaruhi dan mengubah banyak hal dalam kehidupan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Tentunya tidak menutup kemungkinan untuk tetap memberikan ide-ide kreatif aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan diluar rumah kini semua terpusat di rumah. Tentu ini bertahan dalam waktu yang lama dan menjadi kebiasaan baru. Dalam hal ini tiak menutup kemungkinanan untuk tetap kreatif walaupun di rumah aja.

Mengingat pandemi Covid-19 bergerak dengan cepat dan menyebar melalui satu manusia ke manusia lain maka, kegiatan seminar pasti tidak bisa dilakukan. Kegiatan seminar identik dengan mengumpulkan banyak orang, tentu tidak bisa dilaksanakan selama pandemi ini berlangsung.

Selain itu, sebagai agent of change, mahasiswa juga terus melakukan pergerakan sosial (social movement) dalam hal ini setiap mahasiswa mampu membuat karya tulis ilmiah tergantung kemauan dan keinginan dalam menuslis suatu karya ilmiah.

Faunder Rumoh Kreatif FPIK UTU, Setiadi M Noor, pada kesempatan tersebut mengatakan mahasiswa yang ideal ialah mahasiswa yang produktif yang selalu berpikir cerdas dengan menuangkan ide-ide kreatif di tengah Pandemi Covid-19, dengan harapan mahasiswa tetap kreatif walaupun di rumah aja bersama rumoh kreatif FPIK-UTU.

Seminar Online ini terbatas hanya diikuti oleh puluhan mahasiswa dari berbagai program studi dan Fakultas di Universitas Teuku Umar dan juga mahasiswa dari luar Universitas Teuku Umar yang turut hadir seperti Universitas Lhoksemawe, Universitas Muhammaddiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Jambi, Universitas Pendidikan Ganesha Bali dan Universitas Lainnya di Indonesia dan dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Whatsapp Group.

Pembina Rumoh Kreatif FPIK-UTU Dr. Muhhammad Rizal, S.Pi.,M.Si mengatakan bahwa upaya memberikan seminar online Rumoh Kreatif ini sebagai langkah institusi dalam memberikan jiwa semangatt dan tetap produktif pada mahasiswa di tengah pandemi covid-19. Sehingga mahasiswa UTU tetap terjaga kualitasnya meski di Rumah Aja.

“Salah satunya dengan seminar online. Walau tidak bisa bertatap muka, namun bisa tetap menambah ilmu pengetahuan,” ujar Dr. Muhhammad Rizal,S.Pi.,M yang juga selaku Wakil Dekan I FPIK UTU.

Sementara Rabiatul Adhewiyyah Berutu selaku moderator, dan juga Bendahara Official Rumoh Kreatif FPIK-UTU menyampaikan rasa kebanggaanya dalam hal ini bisa menjadi moderator dalam hal ini dan juga bisa memberikan yang terbaik untuk fpik untuk kemajuan mahasiswa UTU kedepannya.

Syahrul Muhharram selaku Ketua Panitia Seminar Nasional mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak sehingga seminar ini bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan kaedah akademik.

"Pandemi Covid-19 telah menuntut kita untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengisi perkuliahan secara daring. Semoga kedepan bisa menyelenggarakan seminar atau kuliah umum lainnya secara online." Tutupnya (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :