LPPM UTU Seminarkan Hasil Akhir Penelitian Penugasan, Rektor : Ini Penting Untuk APT
  • UTU News
  • 08. 05. 2020
  • 0
  • 241

MEULABOH - UTU | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan Seminar akhir penelitian penugasan hibah internal tahun 2019 pada (06/05). Sebanyak tiga judul penelitian penugasan dipaparkan hasil akhirnya di hadapan tim penilai.

Seminar dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting sebagai bentuk penerapan SE Rektor tentang Perkuliahan Daring dimasa Pandemi Covid-19. Adapun tim penilai untuk ketiga hasil penelitian tersebut adalah Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dan Ir. Rusdi Faizin, M.Si.

Sekretaris LPPM UTU, Herdi Susanto, MT mengatakan seminar hasil akhir dari penelitian penugasan tersebut sangat penting dilakukan karena berhubungan langsung dengan dokumen yang diperlukan dalam menyusun Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Universitas Teuku Umar.

"Saat ini kita sedang fokus mengejar deadline penulisan APT UTU, dimana hasil penelitian penugasan yang memuat 9 kriteria yang terdapat dalam borang APT. Harapan kita penyusunan APT ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan" Jelasnya

Presentasi dilakukan tiga sesi, pertama presentasi dengan judul pengukuran kepuasan layanan manajemen terhadap para pemangku kepentingan: mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna dan mitra, dengan tim peneliti Dr. T. Zulham, M.Si dan Yayuk Eko Wahyuningsih, M.Si, kemudian dilanjutkan presentasi dengan penelitian yang berjudul Pengukuran kepuasan peneliti dan mitra dalam proses manajemen pengelolaan penelitian dan pengabdian, dengan tim peneliti Prof. Dr. M. Ali S, M.Si dan Yoga Nugroho, SP., MP.

Sementara sesi ketiga presentasi dengan judul penelitian pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan, pembinaan, peningkatan dan pengembangan mahasisiswa, dengan tim peneliti Dr. Mursyidin, MA dan Dedi Darmansyah, SP., MP.

Presentasi berlangsung lancar, terdapat beberapa masukan untuk penyerpurnaan data dan analisisnya untuk ketiga laporan penelitian. Diantaranya adanya masukan untuk mengintegrasikan ketiga kuisioner penelitian yang dilakukan menjadi satu kuisioner, agar lebih efisien untuk mendapatkan data yang dikehendaki mengingat keterbatasan waktu. Selain itu, untuk mengupdate jenis pertanyaan dalam quisioner yang di butuhkan untuk instrument C1 sd C9, diharapkan adanya keterpaduan dari ketiga tim peneliti dan berkoordinasi aktif dengan Ketua tim penyusun APT untuk mengindari adanya indikator yang terlupakan dalam membuat quisioner tambahan nantinya.

Rektor Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA selain bertindak sebagai penilai dalam sesi seminar akhir penelitian penugasan, juga sebagai lokomotif dalam proses penyusunan dan penulisan APT UTU. Karena Akreditasi merupakan roh untuk sebuah perguruan tinggi, maka dari itu Rektor Prof. Jasman meminta kepada seluruh pimpinan dan seluruh sivitas akademika yang terlibat dalam proses penyusunan APT untuk berkonsentrasi penuh dan bekerja keras demi suksesnya APT ini.

"Akreditasi dapat memberikan harapan bagi kita untuk menjadikan UTU ini sebagai Universitas pilihan dan semakin berkembang di masa akan datang. Selain itu akreditasi dapat menjadi kebanggaan sekaligus modal dasar bagi lulusan kita untuk bersaing di dunia kerja." Pesan Prof. Jasman di berbagai kesempatan.

Turut hadir dalam sesi presentasi hasil akhir penelitian penugasan ialah para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro, para kabag dan seluruh tim penyusun Akreditasi Perguruan Tinggi. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :