Jadi relawan Covid-19, Dapat Gantikan KKN
  • UTU News
  • 11. 05. 2020
  • 0
  • 2744

MEULABOH - UTU | Status pandemik corona virus disease (Covid-19) sangat berdampak terhadap aktivitas perkuliahan di kampus. Salah satu kampus yang mengalaminya adalah Universitas Teuku Umar (UTU).

Sebagai bentuk respon UTU adalah mengajak mahasiswa terlibat dalam aktivitas upaya pencegahan Covid-19, di mana aktivitas ini dapat dikonversi dengan mata kuliah.

Mahasiswa yang terlibat aktif sebagai relawan baik secara mandiri maupun yang tergabung dalam Gugus Tugas Kabupaten/Kota akan dikonversi dengan Mata Kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN), dengan catatan harus membuat laporan sebagaimana yang ditentukan oleh Bapel KKN-PPM UTU.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA, menyampaikan bahwa kebijakan konversi ini sebagai tanggung jawab perguruan tinggi dalam membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Indonesia, dengan tetap menyiapkan tupoksi, protokol dan komando yang jelas untuk mahasiswa yang menjadi relawan.

“Kebijakan konversi ini sudah disahkan melalui Surat Edaran Rektor nomor 10/UN59/SE/2020. Kami memberi apresiasi berupa nilai kepada mahasiswa yang tergabung menjadi relawan Covid-19” Kata Prof. Jasman

“Bagaimanapun, keikutsertaan tetap harus mendapatkan restu dari orang tua, dan kita tetap mengutamakan keselamatan relawan/mahasiswa dengan prinsip pencegahan Covid-19. Nanti akan ada dosen pembimbing lapangan untuk mempermudah konsultasi semua kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Juga mahasiswa melaporkan hasil dari kegiatan upaya pencegahan Covid-19 ini,” Lanjut Prof. Jasman.

Rektor Prof. Jasman mengakui ada beberapa mahasiswa Universitas Teuku Umar yang telah terlibat sebagai relawan sejak awal pandemi Covid-19 terjadi. Kita memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mereka atas sikap kesukarelawanannya tersebut.

Dari SE Rektor yang berisikan tentang Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) dan praktek belajar lapangan dimasa darurat pandemi Covid-19, dipoin 4 huruf (g) disebutkan berbunyi " Bagi mahasiswa yang telah terlibat dalam kegiatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 sebelum SE ini dikeluarkan baik sebagai relawan maupun lainnya dari Lembaga Resmi Pemerintah, maka dapat dikonversikan sebagai bagian dari kegiatan KKN-PPM" demikian bunyi diantara isi SE tersebut.

Sementara itu, Ketua BAPEL KKN-PPM UTU Teungku Nih Farisni, SKM., M. Kes mengatakan melalui SE terbaru menuntut seluruh mahasiswa yang mengambil MK KKN semester ini akan menjalani KKN secara mandiri.

"KKN-PPM Kali ini bertema 'Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19'. Seluruh peserta KKN akan menjadi relawan di Desanya masing-masing dengan cara bergabung dalam Gugus Tugas Covid-19 Desa." Jelas Teungku Nih Farisni. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :