Dukung Kerja Jurnalis Lawan Covid-19, UTU Sumbang Sepasang THW
  • UTU News
  • 13. 05. 2020
  • 0
  • 1311

MEULABOH - UTU | Untuk mendukung kinerja jurnalis dalam menyampaikan informasi publik selama masa wabah COVID-19, Universitas Teuku Umar menyerahkan sepasang Touchless Hand Washer (THW) kepada Posko Jurnalis Peliput Covid-19 yang berada Lr. Kuini, Jalan Nasional, Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Penyerahan Touchless Hand Washer yang merupakan alat cuci tangan tanpa sentuh ini dilakukan oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA yang diterima oleh Koordinator Posko Jurnalis, Orian Saputra, S.Sos disaksikan oleh seluruh awak media yang hadir. Selasa (12/5/2020).

Rektor Prof. Jasman disela-sela acara penyerahan THW, mengatakan UTU secara konsisten terus melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 baik diinternal kampus maupun untuk eksternal. Apalagi untuk jurnalis, yang saban hari bekerja di lapangan untuk mencari dan mengabarkan informasi seputar Covid-19 kepada masyarakat.

"Jurnalis merupakan salah satu profesi yang rentan terpapar COVID-19 dimana dalam kondisi merebaknya pandemi ini, jurnalis harus tetap menyajikan berita dan kadang harus mencari informasi dari banyak sumber di lapangan. Kami berharap bantuan ini bisa membantu jurnalis dengan tetap menjalankan protokol kesehatan sekaligus dapat menghindarkan rekan jurnalis dari potensi tertular COVID-19 saat bertugas di lapangan,” Prof. Jasman

Prof. Jasman mengharapkan, dukungan yang diberikan UTU ini semoga dapat dimanfaatkan oleh seluruh Jurnalis di Aceh Barat yang hari-harinya bergabung di Posko yang merupakan sentral sebagai wadah koordinasi dan tempat kerja para awak media.

THW adalah satu inovasi yang memberikan solusi kepada masyarakat yang enggan menggunakan Hand Washer karena dikhawatirkan dapat terjadi penularan COVID-19 dari pengguna sebelumnya. THW beroperasi tanpa menyentuh dengan tangan secara langsung pada kran air dan tempat sabun sehingga lebih praktis, higenis dan tidak terkontaminasi langsung dengan pengguna Hand Washer sebelumnya.

Inovasi THW ini dibuat dengan sistem pijakan non sensor dengan model menara mini menggunakan tangki toren kapasitas 250 liter, tempat sabun, tempat tisu dengan penutup dan tong sampah.

THW yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat banyak ini merupakan hasil karya tiga mahasiswa Teknik Mesin, Fakultas Teknik yaitu Zahir Raditya, M. Rizki Nurisma dan T. Faisal. Ketiganya dibimbing oleh Dosen Teknik Mesin, Sulaiman Ali, ST, MT, Samwil, MA, Syurkarni Ali, MT dan Rita Hartati, M.Pd.

Selain pemasangan di posko Jurnalis, UTU melalui tim satgas pencegahan Covid-19 juga telah memasang 10 Hand Washer di beberapa fasilitas publik lainnya di Aceh Barat, diantaranya Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien Meulaboh. Kemudian Pasar Bina Usaha dua unit, Terminal Meulaboh, PPI Blang Pulo, Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Puskesmas Johan Pahlawan, Puskesmas Meureubo dan Klinik Ananda Family.

Sementara Ketua Satgas Cegah Covid-19 UTU, Dr Mursyidin menjelaskan, bahwa keberadaan alat tersebut bersifat mencegah dan bukan mengobati. Sehingga pencegahan lebih baik dari pengobatan, dan hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan UTU kepada para jurnalis di Aceh Barat dalam bekerja di tengah pandemi Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan THW kepada posko Jurnalis Aceh Barat adalah Kabiro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Drs. Muslim Raden, M.Si, Kabag Keuangan, Zulfirman, M.Si, Kabag Umum, Said Adla Fauzan , SP., MP, dan beberapa anggota tim Satgas Pencegahan Covid-19 UTU. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :