Dosen FISIP UTU Terbitkan 2 Buku Jurnalistik Profesional
  • UTU News
  • 16. 05. 2020
  • 0
  • 362

MEULABOH, UTU – Salah seorang dosen jurnalistik pada Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (FISIP-UTU), Drs. Muzakkir, MA telah menerbitkan 2 (dua) buku karya profesional ilmiah dengan judul: Etika Jurnalis Analisis Kritis Terhadap Pemberitaan Media dan Jurnalistik Qur`ani Solusi Cerdas dan Bijak.

“Kedua buku tersebut kategori sebagai buku ajar dan buku referensi bagi mahasiswa komunikasi, bagi para jurnalis (wartawan), dan bagi masayarakat pecinta komunikasi dan menulis,” ujar penulis kepada Tim UTU News.

Selain 2 buku profesional tersebut, penulis juga telah menulis buku biografi dengan judul, “Ramli. MS Dari Seorang Guru Menjadi Bupati Aceh Barat”, dan buku “Universitas Teuku Umar Sejarah dan Perkembangan.” Khusus buku Universitas Teuku Umar Sejarah dan Perkembangan ini ditulis bersama-sama dengan tim.

Saat ini, penulis juga sedang menggarap buku ke-5 tentang agama dengan judul: Identitas Mahasiswa Muslim Kajian Praktis Perilaku Mahasiswa di Perguruan Tinggi. “Insya Allah, buku tentang agama ini akan segera terbit dalam waktu dekat.” Buku Etika Jurnalis, cetekan pertama terbit tahun 2018. Sedangkan Buku Jurnalistik Qur`ani terbit pertama tahun 2019.

Buku Etika Jurnalis Edisi Revisi dengan editor Irvan Fahmi, setebal 280 halaman dicetak/diterbitkan oleh Prenadamedia Group-Jakarta dan telah diedarkan secara nasional. Sedangkan buku Jurnalistik Qur`ani, cetekan pertama pada percetakan Bandar Publising. Editor Buku Jurnalistik Qur`ani adalah Rena Juliana, S.Pd.,M.Pd (Dosen Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia STAIN Meulaboh-Aceh Barat). Buku Jurnalistik Qur`ani itu tebalnya 302 halaman.

“Kami bangga memiliki dosen yang berkualitas dan profesional seperti Bapak Drs. Muzakkir, MA yang telah menuliskan karya buku yang sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa. Apalagi kami juga ada bimbingan mata kuliah jurnalistik. Terima kasih Bapak, semoga Bapak dapat terus berkarya untuk mencerdaskan bangsa dan untuk kemajuan ilmu pengetahuan”, ujar Haris Fadillah bersama sejumlah mahasiswa komuniikasi UTU lainnya.

Tentang penulis:

Drs. Muzakkir, MA adalah putra kelahiran Desa Cot Baroh, A. Utara, 01 Januari 1967, anak ke sembilan dari sepuluh bersaudara. Ayahnya bernama Teungku Abdullah Ali dan Ibunda adalah Hj. Marliyah. Berdomilisi di Meulaboh Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Pendidikan: S1- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry-Darussalam-Banda Aceh, selesai tahun 1993. Menyelesaikan Program Pascasarjana S2-Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry-Banda Aceh, tahun 2014.
Pengalamannya:
1). Wartawan Harian Serambi Indonesia (1994-2001)
2). Kepala Perwakilan Wartawan Harian Mediator Sumatra Utara- Medan (2001-2003)
3). Kepala Perwakilan Wartawan Harian Sumatra-Medan (2003-2005)
4). Wartawan Modus Aceh (2005-2006)
5). Ketua Panitia Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Aceh Barat (Panwaslih) Pilkadasung Pertama Tahun (2006-2007).
6). Anggota Panitia Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Aceh Barat (Panwaslih) Pilkadasung kedua Tahun 2011-2012.
7). Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Teungku Dirundeng-Meulaboh (2004-2013).
8). Menjadi Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Tabloid Lentera STAIN- Teungku Dirundeng-Meulaboh (2010-2013).
9). Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Meulaboh (2011-2013).
10). Dosen Jurnalistik dan Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar (2007-sampai sekarang).
11). Pemimpin Redaksi UTU News, Media Kampus Universitas Teuku Umar (2014-sampai sekarang).
Penghargaan: Penulis sebagai Dosen Berprestasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik- Universitas Teuku Umar (FISIP UTU-2019). (***)

Komentar :

Lainnya :