Dampak Covid-19, UTBK-SBMPTN Ditunda Hingga Juni 2020
  • UTU News
  • 06. 05. 2020
  • 0
  • 1215

MEULABOH - UTU | Wabah Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia menyebabkan beberapa kegiatan terpaksa mengalami kemunduran jadwal.

Hal ini juga turut berpengaruh terhadap jadwal pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Pelaksanaan UTBK. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akhirnya mengumumkan jadwal terbaru pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) melalui Surat Edaran dengan nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020.

Isi dari surat edaran tersebut ialah memperhatikan situasi nasional berkenaan dengan mewabahnya Covid-19, dan Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 09/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 yang dilakukan penundaan, maka pendaftaran UTBK dan pelaksanaan UTBK akan tetap dilaksanakan, perubahan pelaksanaan UTBK yang tertuang dalam surat edaran ini adalah, materi tes yang diujikan Tes Potensi Skolastik (TPS), setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes.

Pelaksanaan tes dilakukan dalam empat sesi setiap hari, pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan.

Jadwal kegiatan UTBK-SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut. Pndaftaran UTBK dan SBMPTN Mulai tanggal, 2 sampai 20 Juni 2020. Pelaksanaan UTBK Mulai tanggal, 5 sampai 12 Juli 2020. Pengumuman SBMPTN tanggal 25 Juli 2020.

UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan sekolah menengah tahun 2018, 2019, dan 2020 serta lulusan program belajar Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020 yang berusia maksimal 25 tahun.

Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA, menuturkan agar setiap calon mahasiswa yang telah memiliki akun LTMPT dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin guna mengikuti pelaksanaan UTBK di bulan Juli mendatang.

Prof. Jasman meminta calon mahasiswa terus memantau perkembangan informasi berkenaan dengan pelaksanaan UTBK melalui laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Para siswa harus belajar dengan sungguh-sungguh selama di rumah karena pemerintah telah memberikan kelonggaran waktu untuk mempersiapkan diri agar dapat lolos UTBK sehingga nantinya para siswa dapat diterima di kampus yang ditujunya,” tutur Rektor Prof. Jasman

Lebih lanjut Prof. Jasman mengatakan, pengumuman SBMPTN sendiri nantinya akan dilakukan pada 25 Juli 2020. materi tes UTBK yang diujikan merupakan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Setiap peserta hanya diijinkan mengambil tes sebanyak satu kali. peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi Tujuan.

Dikutip dari laman ltmpt.ac.id, UTBK 2020 akan dilaksanakan empat sesi per hari. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan bersamaan. Peserta yang mengikuti UTBK dan SBMPTN harus memilih lokasi tes pusat UTBK, program studi, dan perguruan tinggi yang dipilih.

Kelompok Ujian pada UTBK pun hanya terbagi menjadi 2 (dua) kelompok, yakni kelompok ujian Saintek dan Soshum, dari yang sebelumnya ada kelompok ujian campuran. Hal tersebut turut memengaruhi biaya UTBK, dari yang sebelumnya Rp 200.000 menjadi Rp 175.000.

Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui channel ATM, SMS Banking, Internet Banking maupun ATM Bersama Bank Mandiri, BNI, atau BTN. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :