Bantu Tanggulangi Pandemi Covid-19, Sejumlah Alumni UTU Jadi Relawan
  • UTU News
  • 22. 04. 2020
  • 0
  • 257

MEULABOH - UTU | Bertambahnya jumlah pasien Covid-19 di Indonesia, membuat sejumlah masyarakat tergerak untuk menjadi relawan. Tak terkecuali Alumni Universitas Teuku Umar (UTU).

Sejumlah Alumni UTU dari Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IKA FISIP) Universitas Teuku Umar bersama Perserikatan Lembaga Mahasiswa Kesehatan (PELMAKES) Aceh Barat dan organisasi LENTERA Aceh mendirikan posko
Relawan Pencegahan Covid-19 (RPC-19) di Aceh Barat sebagai upaya membantu pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Mereka membuka posko pencegahan Covid-19 di jalan Imam Bonjol, depan Makodim 0105 Aceh Barat atau disamping Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh sejak 6 April 2020 dan pada tgl 19 April menambah satu posko di desa Kampung Belakangan kecamatan Johan Pahlawan bekerja sama dengan aparatur desa setempat.

Koordinator RPC-19, Deni Setiawan kepada media kampus UTU.News mengabarkan fokus kami adalah upaya pencegahan, sejumlah kegiatan telah dilakukan oleh komunitas relawan independen tersebut, diantaranya pembagian masker kepada warga, penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas publik dan rumah warga, ikut melakukan pendataan warga pendatang dan warga yang dicurigai terkena gejala Covid-19, pengecekan suhu tubuh warga serta pembagian sembako kepada beberapa warga terdampak Covid-19.

"Selain itu kami juga menerima donasi berbentuk barang seperti Alat Pelindung Diri (APD) yang nantinya akan di salurkan ke tenaga medis atau tenaga kesehatan serta kepada sejumlah relawan, juga menerima donasi Sembako untuk di salurkan kepada masyarakat yang paling berdampak secara ekonomi selama Covid-19 ini." Jelas Alumni Ilmu Komunikasi, FISIP UTU ini.

Lanjutnya, RPC-19 juga menerima donasi berbentuk bibit cabai, jagung, padi, dan jenis sayuran yang nantinya akan di salurkan ke beberapa petani di Aceh Barat. Dan ini semua diperuntukan untuk menjaga ketahanan pangan di Aceh Barat.

“Selama wabah Covid-19 merebak, harga kebutuhan pokok merangkat naik dan stok bahan pokok mulai menipis, apalagi sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan. Maka dari itu, donasi bibit-bibitan sangat dibutuhkan agar kedepan kebutuhan pangan dan stok sayur- mayur masyarakat tetap terjamin,” tutupnya.

Sementara sejumlah alumni dan mahasiswa UTU dari berbagai Fakultas lainnya juga terlibat dalam aksi kesukarelawanan dengan bergabung dalam sejumlah organisasi relawan seperti Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Aceh Barat, UKM Penanggulangan Kebencanaan UTU yang turut bergabung dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kab. Aceh Barat, dan organisasi lainnya dengan berkontribusi sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Dihubungi terpisah, Ketua Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 UTU, Dr. Mursyidin, MA yang juga Wakil Rektor III UTU bidang Kemahasiswaan dan Alumni mengapresiasi langkah para alumni yang terlibat dalam relawan pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Kita mengapresiasi sikap kesukarelawanan yang ada dalam diri alumni maupun mahasiswa kita, yang paling penting mereka harus menjaga keselamatan diri, jaga kesehatan, jaga jarak dan mengikuti protokoler dari gugus tugas Covid-19 induk." Pesan Dr. Mursyidin. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :