Bahas Kebijakan Pangan Akibat Dampak Covid-19, FE UTU Gelar Webinar
  • UTU News
  • 11. 05. 2020
  • 0
  • 1195

MEULABOH - UTU | Ketahanan pangan merupakan topik yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan oleh banyak pihak sebagai konsekuensi dari dampak penyebaran COVID-19 yang semakin meluas. Setelah bergulat dengan masalah kesehatan dan daya beli masyarakat, pasokan pangan menjadi isu sentral lainnya yang perlu penanganan sesegera mungkin.

Pangan harus menjadi perhatian karena urusan ini merupakan kebutuhan paling dasar, selain sandang, dan papan. Sejauh mana pemerintah mengantisipasi dampak COVID-19 ini terhadap ketahanan pangan di Indonesia? Bagaimana kebijakan Pangan dimasa pandemi, dan pasca Pandemi Covid-19?

Untuk menjawab pertanyaan bagaimana pemerintah sebaiknya mengantisipasi dampak COVID-19 untuk menjaga
ketersediaan dan aksesibilitas pangan serta keterjangkauan (stabilitas) harga pangan di Indonesia, mulai dari produksi hingga konsumsi, dari hulu hingga hilir serta berbagai kebijakan pemerintah terkait pangan, maka Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar (FE UTU) akan menggelar Webinar Fakultas Ekonomi (WFE).

Acara yang akan diselenggarakan pada Senin, 18 Mei 2020 pukul 10.00—12.30 WIB ini mengambil topik ‘Kebijakan Pangan, Kini dan Pasca Pandemi Covid-19'. Acara ini gratis, tapi terbatas hanya untuk 250 peserta.

Webinar menghadirkan pembicara yang kompeten. Mereka adalah Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta yang juga Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, Prof. Dr. Jamal Wiwoho,SH., M.Hum, Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Aceh, H. T. Ahmad Dadek, S.H. Sementara Kaynote Speaker adalah Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA.

Dekan Fakultas Ekonomi UTU, Dr. T. Zulham, SE., M.Si mengatakan tujuan penyelenggaraan webinar ini adalah untuk mengkaji kebijakan pemerintah disektor pangan dalam menghadapi pandemi Covid-19, juga akan membahas berbagai kemungkinan terkait pangan dimasa pasca pandemi.

"Dengan dilaksanakan Webinar ini diharapkan dapat sebagai media edukasi dan transfer knowledge kepada masyarakat terutama dalam bidang perekonomian dan ketahanan pangan. Selain itu diharapkan lahirnya ide segar yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat dalam mensiasati kondisi pandemi Covid-19" Jelas Dr. T. Zulham.

Webinar yang akan dimoderatori oleh Dr. Syahril, SE., M.Si yang juga Wakil Dekan I FE UTU ini akan diadakan melalui aplikasi Zoom Meetings. Pendaftaran bagi mahasiswa UTU dan umum bisa langsung dilakukan melalui link berikut http://tiny.cc/Kuliah_Umum_UTU2020.
Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Rahmat (+62852-0733-6262). (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :